14 Fungsi Kemasan Produk di Pemasaran, Produsen Harus Tahu

Ada fungsi kemasan produk yang harus diketahui di tiap pengusaha, baik baru memulai maupun yang telah lama bergabung pada dunia bisnis.Sebagai pengusaha, kamu ingin produk yang dijual agar dikenal lebih luas.


14-fungsi-kemasan-produk-di-pemasaran-produsen-harus-tahu
Image by Freepik.com


Salah satu prosesnya ialah menciptakan kemasan produk yang baik, hingga dapat dikenal lebih luas. Walau terkesan sepele, namun kemasan produk mempunyai nilai yang begitu nyata untuk usahamu.


Selain untuk promosi, apa sih fungsi kemasan produk? kami akan merangkumnya. Perhatikan dengan baik!


1. Sebagai identitas brand


Fungsi kemasan yang pertama adalah untuk identitas suatu brand. Kemasan produk akan jadi fokus pertama para pelanggan saat melihatnya. Berarti, kemasan produk begitu penting agar dapat memberikan kesan pertama yang baik pada para konsumen.


Kenapa kemasan disebut dengan identitas brand? Karena, pada sebuah kemasan ada warna, ukuran, bentuk, sampai dengan font. Unsur-unsur itulah yang menjadikan brand terlihat berbeda dengan brand yang lain. Kemasan juga bisa jadi sebuah sarana komunikasi brand kamu pada para pelanggan.


2. Mengawetkan dan melindungi produk


Fungsi kemasan produk yang lain ialaha untuk mengawetkan dan juga melindungi produk. Dikarenakan, terdapat produk yang rentan pada suhu dan cuaca . Jika produk disimpan pada kondisi dingin atau pun panas, produknya lebih rentan terkena bakteri atau pun mikroba.


Karena itu, pembuatan kemasan yang baik begitu dibutuhkan agar produk yang dijual terlindungi. Sebut saja produk yang dibuat dari bahan dasar kulit. Bila tidak dikemas baik, maka rentan kena jamur, terutama saat musim hujan yang dominan lembap.


3. Sarana promosi dan informasi


Sebagai media promosi, kemasan perlu didesain sebaik mungkin, diperhatikan dari warna, ukuran,sampai gambar yang akan dimasukkan pada kemasan. Akan jadi nilai tambahan bila kemasan ditampilkan wajah figur publik tertentu.


Selain itu, kemasan juga memiliki fungsi untuk memberi informasi, seputar komposisinya dan juga apa produk itu sudah lulus uji coba. Itu semakin signifikan untuk produk-produk makanan dan juga minuman, yang perlu dapat label BPOM maupun MUI supaya nilai jualnya dapat meningkat. Untuk sarana informasi, pada kemasan juga perlu dicantumkan tanggal konsumsi dan kedaluwarsanya.


4. Meningkatkan efisiensi dalam pendistribusian


Efisiensi jadi pertimbangan kemasan produk. Menyimpan produk dengan kemasan cukup besar dapat memakan banyak tempat, waktu, hingga biaya. Sebagai pengusaha, sebaiknya diperhatikan juga ukuran sekaligus bentuk kemasan produk .


Semakin ringkas kemasan yang dipakai, akan semakin efisien juga untuk biaya produksinya. Tetapi, diusahakan jangan sampai menyepelekan kualitas yang ada, agar isi dalam produk bisa tetap terjaga dan terlindungi dengan baik.


14-fungsi-kemasan-produk-di-pemasaran-produsen-harus-tahu
Image by Freepik.com


5. Menambah nilai jual


Dapat dibilang fungsi kemasan produk semacam suatu pakaian. Tampilan seseorang begitu berpengaruh pada pakaiannya. Itu juga berlaku untuk barang. Bayangkan bila produk dijual tanpa adanya kemasan, tentu saja tidak akan menarik sebab adanya sesuatu yang masih kurang. Hasilnya, pelanggan akan mengabaikan produk kamu mau produk itu sebagus apapun kualitasnya.


Jadi, tidak heran bila kemasan bisa memberi nilai tersendiri untuk sebuah barang jualan. Semakin baik pengemasan produknya, baik dari desain atau pun kualitasnya, maka dapat menambah nilai jualnya pada para pelanggan.


6. Menjamin isi produk


Suatu produk perlu melalui proses distribusi supaya sampai pada tangan pelanggan. Pada tahap itu, tentu saja produsen tidak dapat memastikan keamanan, keselamatan, hingga kebersihan pada saat pengirimannya. Di situlah fungsi kemasan akan menjadi begitu diperlukan, yaitu dapat menjamin isi produk.


Konsumen tentu tak ingin membeli sesuatu produk dengan kemasan yang sudah rusak. Jangankan membeli, melihat saja tentu tidak mungkin. Kemasan juga memastikan isi dalam produk tidak akan rusak selama dalam masa pengiriman. Yang khususnya pada produk yang sangat rentan dan juga rawan akan kerusakan, misal seperti makanan.


7. Berisi petunjuk cara membuang


Cara membuang kemasan mungkin dianggap sepele. Tetapi, untuk sebagian pengusaha, perlu untuk diperhatikan cara-cara abagaimana membuang kemasan. Ini semakin relevan di tengah-tengah poster untuk merawat lingkungan dari berbagai sampah yang tidak dapat terurai, salah satunya ialah kemasan produk.


Di sini sangat penting untuk memberitahu para konsumen cara membuang kemasan yang baik dan benar. Ini dapat meningkatkan popularitas dari brand, sebab konsumen dapat mengetahui jika produk yang di jual ternyata begitu peduli pada lingkungan sekitar.


8. Memenuhi permintaan pelanggan


Salah satu fungsi kemasan produk yang kemungkinan tidak terduga ialah menjawab permintaan para pelanggan. Strategi ini yang dimainkan para brand besar di dunia. Dengan begitu, para konsumen tidak sekadar dapat menikmati isi produk, tapi juga menjadikan kemasan untuk koleksi yang cukup istimewa.


Fenomena ini terlihat saat McDonalds mengeluarkan kemasan dengan edisi terbatas BTS. Tidak hanya produknya McDonalds yang terjual, tetapi kemasannya sendiri juga dapat dijual dengan harga yang jauh lebih tinggi dari harga makanannya


9. Menjaga keamanan selama penyimpanan


Tidak kalah penting, kemasan suatu produk berguna untuk melindungi keamanan isinya selama masa produk itu disimpan. Apalagi dalam kurun waktu yang cukup lama untuk beberapa produk tertentu. Pada proses merancang kemasan atau pun pengemasannya sendiri harus dipastikan jika isi produk terjamin aman. Entah itu dari kotoran maupun dari bahaya yang lain.


14-fungsi-kemasan-produk-di-pemasaran-produsen-harus-tahu
Image by Freepik.com


10. Menarik secara visual


Hal yang tidak dapat luput dari penjualan suatu produk ialah identifikasi pada visualnya. Disebabkan kemasan yang memiliki visual menarik tentu dapat menarik perhatian orang agar membelinya. Karena itu, hal tersebut cukup mempengaruhi fungsi penjualan suatu produk.


11. Sebagai identifikasi produk


Fungsi kemasan produk yang selanjutnya ialah bersangkutan dengan identifikasi produk. Maksudnya, kemasan didesain lewat wadah, warna, hingga bentuk dengan khusus tentu dapat dibedakan dari kompetitor.


Karena itu, kemasan suatu produk dapat diartikan sebagai kepribadian maupun citra produk itu sendiri. Ada pekerjaan khusus yang mengurus desain suatu produk supaya tidak sembarangan.


12. Kemudahan dalam transportasi


Harus diketahui jika produsen atau pun penjual perlu memperhatikan kenyamanan sekaligus kemudahan dalam pengangkutan atau memindahkan suatu produk. Misal, dari pabrik menuju distributor, lalu dari distributor menuju ke tangan para konsumen. Apalagi untuk produk makanan harus mudah pada pengangkutan, penyimpanan, hingga mudah untuk dapat dikonsumsi.


13. Kenyamanan bagi konsumen


Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, suatu kemasan produk perlu diberi kenyamanan untuk para konsumen. Produsen atau penjual harus memperhatikan kenyamanan, mulai dari penyimpanan hingga konsumsinya. Aspek yang tidak kalah penting ialah perhatikan pada pengemasannya agar tidak terjadi pemborosan.


14. Biaya produksi lebih efektif


Selanjutnya yang terakhir bersangkutan dengan dana pengemasan produk. Dengan memperhatikan fungsi hingga aspek pada pengemasan produk, seorang produsen harus dapat menekan pengeluaran biaya produksi agar tetap efektif dan juga tidak terjadi pemborosan. Hal itu juga dapat menurunkan kerugian sebab kerusakan pada kemasan. Selanjutnya dapat mencapai efektivitas ekonomi pada perusahaan.


Itulah 14 fungsi kemasan bagi produk yang harus diketahui sebagai pengusaha, apalagi untuk para pemula. Dengan begitu, produk tersebut dapat dilirik oleh para pembeli dan juga bisnismu dapat berjalan dengan lancar.

1 komentar untuk "14 Fungsi Kemasan Produk di Pemasaran, Produsen Harus Tahu"

Posting Komentar