Ayo, Ketahui 7 Fungsi Microsoft Word yang Bisa Mempermudah Pekerjaan!

  1. Apa itu Microsoft Word
  2. Fungsi Microsoft Word
  3. Fitur-fitur Microsoft Word


Microsoft word ialah salah satu perangkat lunak atau aplikasi yang dipakai banyak orang. lebih-lebih jika kamu bekerja di bidang yang mengharuskan kegiatan tulis-menulis seperti membuat surat, laporan, atau dokumen lainnya. Sebagian dari kita bahkan telah mempelajari dan memakai microsoft word sejak di bangku sekolah.


Ayo-Ketahui-7-Fungsi-Microsoft-Word-yang-Bisa-Mempermudah-Pekerjaan!
Image by pcmag.com


Perangkat lunak yang satu ini dapat digunakan untuk berbagai keperluan, misal pendidikan, bisnis, pekerjaan, atau keperluan pribadi. Misalnya, para pelajar biasanya memanfaatkan Microsoft Word untuk mengerjakan tugas sekolah, laporan penelitian, dan tugas lainnya yang harus diketik. Mahasiswa disaat menyusun skripsi, atau pekerja profesional untuk membuat berbagai dokumen penting kegunaan utama Microsoft Word adalah untuk mengolah kata. tetapi, nggak hanya itu, Microsoft Word punya fungsi lain yang dapat mempermudah pekerjaan kamu.


Apa itu Microsoft Word?


Microsoft Word merupakan program pengolah kata dari Microsoft Office. Selain tampilannya yg sederhana serta praktis dipahami, Word juga dapat dipergunakan pada berbagai perangkat. kamu bisa mengunduh Microsoft Word di Windows, mac OS, android, serta juga iOS. sebab kemudahan ini, tidak heran lagi jika banyak orang memakai software ini. walaupun sekarang telah mulai bermunculan aplikasi pengolah kata lainnya, tapi Microsoft Word tetap terkenal serta memiliki banyak peminat. Microsoft Word awal diluncurkan di tahun 1983 menggunakan nama Multi-tool Word dan memiliki slogan What You See Is What You Get. arti asal slogan tadi merupakan, apapun yang kamu tulis dan lihat pada lbr kerja Word, itulah yang akan kamu peroleh ddisaat kamu mencetaknya. dari pertama kali diluncurkan hingga ketika ini, Microsoft Word telah memiliki poly versi. Microsoft Word mempunyai beberapa manfaat, yaitu:


  1. Mempermudah proses surat menyurat dan pembuatan dokumen.
  2. Meminimalisir kesalahan penulisan karena mempunyai fitur auto correct dan cek ejaan serta grammar.
  3. memiliki template yg bisa dipergunakan buat membentuk dokumen sesuai kebutuhan. contohnya, template CV atau resume, brosur, katalog, serta lainnya.
  4. Mempermudah proses pengeditan.


Fungsi Microsoft Word


Secara umum , Microsoft Word digunakan buat menghasilkan, mengedit, serta menyimpan dokumen. namun, terdapat banyak sekali hal yang mampu kamu lakukan dengan Microsoft Word. Bukan hanya sekedar menulis laporan, cerita, atau lainnya. Berikut beberapa kegunaannya:


1. Membuat dokumen


sebagian fungsi utama dari Microsoft Word merupakan membentuk dokumen. kamu mampu membuat dokumen apapun yg kamu butuhkan serta inginkan. Microsoft Word juga menyediakan aneka macam template gratis yang mampu kamu manfaatkan untuk membuat dokumen tertentu. misalnya, waktu ini sedang ramai dibahas wacana CV ATS friendly. Nah, kamu juga bisa membuat CV ATS friendly tadi menggunakan memakai Microsoft Word, lho! Mau buat CV kreatif? mampu juga! Desain template yang disediakan oleh Microsoft Word lumayan banyak, jadi kamu dapat memilih yg paling kamu sukai. Mengeditnya juga mudah, kok.Selain CV, kamu juga bisa membuat dokumen atau keperluan surat menyurat lainnya. Baik buat keperluan pendidikan, bisnis, pekerjaan, atau keperluan eksklusif. misalnya:


  • Laporan pertanggungjawaban
  • Makalah
  • Skripsi atau Tugas Akhir
  • Novel atau cerpen
  • Surat lamaran kerja
  • Proposal bisnis
  • Newsletter
  • Katalog
  • Brosur, dan lain sebagainya.


2. Mengedit dokumen


Selain membuat berbagai file, pada Microsoft Word kamu juga dapat melakukan pengeditan tulisan. contohnya saat kamu salah pada menulis atau typo, maka kamu cuma perlu menekan tombol backspace buat menghapusnya. buat mengurangi kesalahan ketika menulis, kamu juga bisa menjalankan tab Review untuk mengoreksi kesalahan penulisan, spelling, grammar, dan lainnya. Hal ini tentu memudahkan kamu disaat mengedit dan memperbaiki dokumen, hal yang tidak bisa dilakukan waktu kamu memakai mesin ketik. Selain itu, kamu jua dapat menghemat kertas.


3. Memformat dokumen


Selain membuat serta mengedit dokumen, kamu juga bisa melakukan formating dokumen dengan Microsoft Word. contohnya, kamu ingin membarui teks menjadi bold (tebal), italic (miring), atau underline (memiliki garis bawah). kamu juga dapat memberi nomor page, mengedit header serta footer, mengganti tampilan atau pengaturan tabel, gambar, serta lain sebagainya. Selain itu, kamu juga dapat melakukan penyimpanan dokumen. menggunakan menekan arsip - Save/Save AS, maka dokumen kamu akan tersimpan di memori komputer atau laptop yang kamu pakai. supaya lebih mudah, kamu juga bisa menyimpan dokumen hanya menggunakan CTRL + S. simpel banget, kan? Jadi, semisal suatu ketika kamu membutuhkan dokumen tadi, kamu hanya perlu mencarinya di personal komputer atau laptop yang kamu gunakan. Dokumen ini dapat kamu pakai pulang buat diedit atau membarui formatnya sinkron kebutuhan.


4. Mencetak dokumen


dari awal peluncuran, word mempunyai slogan what you see is what you get. merupakan,apa yang ditampilkan pada layar monitor ialah apa yang akan dicetak di kertas.kamu dapat mencetak dokumen di word dengan menu arsip - Print. setelah pilih printer yg akan kamu pakai. Pastikan, personal komputer atau laptop kamu telah tersambung menggunakan printer yg akan dipergunakan untuk mencetak dokumen nya ya!


5. Menyisipkan gambar


bila kamu membuat dokumen yang membutuhkan gambar di dalamnya, kamu bisa menyisipkan gambar tadi dengan cara klik tab Insert - Picture. lalu pilih dari foto yang ingin kamu pakai. kamu bisa menentukan foto dari laptop atau perangkat yg kamu gunakan, stock image, atau mencari foto secara online.


6. Membuat tabel


dalam berbagai dokumen, mungkin kamu memerlukan tabel buat menampilakan data. Nah, di ms word, kamu jua dapat menghasilkan serta memodifikasi tabel sesuai kebutuhan serta harapan kamu . cara mengolahnya juga simpel. Klik tab Insert - Table. kemudian, masukkan jumlah baris dan kolom yang kamu inginkan buat dibua


Fitur-fitur Microsoft Word

Ayo-Ketahui-7-Fungsi-Microsoft-Word-yang-Bisa-Mempermudah-Pekerjaan!
Image by freepik.com


Selain berbagai fungsi Microsoft Word di atas, software ini juga mempunyai berbagai fitur yang bisa memudahkan pekerjaan kamu. Berikut adalah beberapa di antaranya:


1. Spelling & Grammar


Fitur ini membantu kita untuk mengurangi kesalahan penulisan dengan mengecek spelling (penulisan) dan grammar (tata bahasa) yang ada di dokumen. Kamu dapat mengaktifkan fitur ini di tab Review lalu klik Spelling & Grammar.


2. Bisa bekerja dengan dark mode


Apabila kamu lebih senang bekerja dengan dark mode, kamu juga dapat menerapkannya di lembar kerja Microsoft Word kamu, lho.Caranya, klik tab File - More - Options - General - Office Theme, terdapat beberapa pilihan antaralain: Dark Grey, Colorful, Black, dan White. Jika kamu ingin menggunakan dark mode, maka kamu dapat pilih warna Dark Grey atau Black. kemudian, klik OK. Tema Ms. Word kamu sudah berubah.


3. Co-author office files


Dengan fitur ini, kamu dapat mengerjakan satu dokumen secara bersamaan dengan rekan kerja lainnya. contohnya, kamu mempunyai tugas bersama membuat proposal dan ingin mengerjakannya di satu lembar kerja.Kamu dapat klik menu Share di bagian kanan atas, pilih Word Document, lalu masukkan alamat email yang ingin kamu undang untuk mengerjakan bersama. kemmudian, klik Send. Kamu juga dapat menyalin link lalu membagikannya kepada orang lain.


4. Translate tool


Kamu dapat menerjemahkan dokumen secara keseluruhan ke bahasa lain. langkahnya, klik tab Review kemudian pilih Language - Translate - Translate Document. Nantinya, kamu akan melihat pengaturan yang ada di sebelah kanan. Blok semua teks, pilih bahasa, kemudian klik Translate.


5. Find and replace


andai kamu butuh menemukan atau mengubah sebuah kata, kamu tidak perlu mencarinya secara manual dengan membaca satu-persatu. contohnya kamu ingin mengubah kata ‘konsumen’ menjadi ‘pelanggan’. Lalu kamu tak perlu mencari serta mengubahnya satu per satu. Hanya tekan CTRL + H, lalu, masukkan kata yang mau diubah, dan kata barunya. Lalu pilih replaced all. Maka, semua kata ‘konsumen’ pada dokumen tersebut akan berubah menjadi ‘pelanggan’. Apabila kamu cuma ingin menemukan kata tertentu tanpa mengubahnya, tekan CTRL + F, lalu masukkan kata yang mau dicari. Microsoft Word menyanjikakn banyak fitur dan kegunaan yg mampu memudahkan kamu, khususnya yg berhubungan dengan pengolahan kata atau pembuatan dokumen. banyak juga pekerjaan yang butuh kemampuan mengoperasikan Microsoft Word menggunakan baik. Apalagi jika kamu bekerja sebagai admin, sekretaris, serta lainnya.

1 komentar untuk "Ayo, Ketahui 7 Fungsi Microsoft Word yang Bisa Mempermudah Pekerjaan!"

Posting Komentar